Monday, October 16, 2017

Cara Mengedit Video Dengan Adobe Premiere Pro

Tampilan Adobe Premiere Pro CC 2015

Teman bagi kalian yang ingin membuat film atau mengabadikan moment-moment  paling bersejarah dalam hidup anda sendiri dalam bentuk video tapi tidak tahu caranya mengedit atau masih bingung cara ngeditnya, tenang sekarang keluhan anda sudah teratasi dengan adanya tutorial cara mengedit video dengan adobe premiere, kebetulan yang saya gunakan versi adobe Premiere Pro CC 2015. Kali ini saya mau berbagi sedikit ilmu saya tentang mengedit video, walaupun saya tidak jago jago amat.

Proses editing video memang membutuhkan keahlian seorang editor  yang cukup memadai dalam bidang video editing, sekalipun mengeditnya memakai software yang mudah digunakan. Mengedit video tidak hanya berurusan dengan masalah penambahan efek atau pengurangan/ penambahan luminasi cahaya, tetapi juga berhubungan dengan ‘rasa’ yang secara teknis mungkin tidak setiap orang  miliki. Namun, jangan khawatir karena kini ada aplikasi video editing yang dapat membantu Anda menghasilkan kualitas video yang cukup baik, yaitu Adobe Premiere Pro CC 2015. 

Tentang Adobe Premiere Pro CC

Adobe Premiere Pro CC merupakan aplikasi keluaran Adobe yang sering digunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini sangat cocok untuk mengedit video, baik Anda seorang editor pemula, editor pada home studio, editor profesional televisi atau praktisi pada bidang lainnya. Adobe Premiere Pro CC di luncurkan dengan beragam keunggulan yang (mungkin) tidak akan Anda temui pada aplikasi sejening lainnya. Seperti halnya produk dari Adobe lainnya, para pengembang Adobe Premiere Pro CC pun menyajikan kemudahan-kemudahan penggunaan yang dapat dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, bahkan untuk Anda yang sama sekali belum pernah menggunakan aplikasi video editing seperti ini.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengedit video dengan Adobe Premiere Pro CC 2015
  • Siapkan/Jalankan Program Adobe Premiere Pro CC 2015. Kalau belum tersedia di PC/Laptop, Kalian bisa download di sini
  • Akan muncul menu awal seperti pada gambar di bawah ini 
Tampilan Menu Utama
  • Pada menu New pilih Project untuk membuat Project Baru.
  • Setting Name untuk nama Project dan Location untuk lokasi penyimpanan pada direktori komputer. untuk settingan yang lain biarkan saja default. kemudian klik Ok
  • Import Video yang akan di edit. Cara nya dengan masuk ke menu File --> Import
  • Pilih video yang akan di edit dan klik Open

  • Supaya Video dapat di edit ke Timeline, buatlah Sequence baru dengan cara masuk ke File --> New--> Sequence
  • Drag video yang telah di Import ke jendela Timeline.
  • Video siap untuk di edit.

EDITING DALAM SOURCE MONITOR
Proses editing dilakukan untuk memotong beberapa klip video  yang mungkin ingin Anda buang atau Anda simpan, caranya :
1.    Drag and Drop klip video yang sebelumnya telah dismpan ke dalam Source Monitor
2.    Geser klip videp untuk menentukan potongan awal, setelah itu klik In Point
3.    Geser klip video untuk memnentukan potongan akhir, setelah itu klik Out Point
4.    Klik dan geser klip video ke dalam timeline
5.    Ulangi cara 1 hingga 4 pada bagian lainnya.

EDITING DALAM TIMELINE
Jika terdapat bagian yang masih ingin Anda hilangkan, lakukan proses dengan menggunakan banyak alat untuk mengedit klip di dalam timeline seperti dibawah ini :
1.    Razor Tool : Memotong klip
2.    Move Tool : Memilih Klip
3.    Rate Stretch Tool : Mengatur kecepatan putar klip

PENAMBAHAN  EFEK
klip-klip yang ada di dalam timeline dapat diberikan efek tambahan untuk menjadikannya lebih menarik. pilih efek dalam tab Effects, lalu Klik dan geser klip video yang Anda inginkan. Aturlah efek pada tab Effect Controls. Dan lihat hasil akhirnya pada layar.

PENAMBAHAN TRANSISI
Proses penambahan transisi dilakukan agar terjadi  perpindahan antar dua  atau beberapa klip menjadi lebih halus. Pilih tipe transisi yang  terdapat pada  folder Video Transitions. Kemudian geserlah klip diantara pertemua dua klip. Atur transisi yang telah ditambahkan  dalam tab Effect Controls.

MENGGABUNGKAN KLIP VIDEO
Terapat cara yang mudah untuk menggabungkan klip video, yaitu simpan  video 1 pada track Video 1, kemudia simpan video yang ingin Anda gabungkan pada track video 2, berada di atas video 1.
Untuk menggabungkan kedua klip tersebut , klik klip video 1,  pilih tab Effect Controls, aturlah  Opacity sesuai selera Anda. Untuk dapat menambahkan klip video dari  source yang  lain ke dalam panel Project, pilihkan menu  File >> Import.

MENYIMPAN PROYEK
Simpanlah proyek  yang telah Anda buat dengan memilih menu File >> Save, atau tekan tombol Ctrl+S secara bersamaan pada keyboard.

RENDERING  VIDEO
Proses menggabungkan Gambar, video, audio atau semua file (footage) menjadi Satu File utuh dengan Format tertentu, Misalnya: AVI, MPEG 4 atau Quicktime. 
Pilih menu File --> Export --> Media ( Untuk Premiere Pro CS3, CS4, dan Pro CC).

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses render tergantung pada durasi di dalam timeline dan juga dipengaruhi oleh spesifikasi komputer yang digunakan.

Begitulah cara mengedit dengan adobe premiere pro CC, Apabila ada keluhan atau pertanyaan Silahkan tinggalkan Komentar.
Semoga Artikel ini bermanfaat..

No comments:

Post a Comment